We have new forums at NiteshKothari.com
TopBottom
Announcement: wanna exchange links? contact me at clwolvi@gmail.com.

Alasan Kenapa Banyak Blogger Pemula Gagal

Posted by Rahmat Hardiansya at Friday, May 1, 2009
Share this post:
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Yahoo Furl Technorati Reddit

Diawal postingan ini, ijinkan saya mengucapkan terima kasih, karena anda telah menyempatkan diri untuk membaca postingan yang lahir dari orang yang bukan siapa-siapa ini untuk bisa direnungkna bersama dan semoga bermanfaat.

Walaupun saya bukan ahli dalam bidang blogger atau sering dikenal dengan istilah blogging, saya tetap berusaha untuk terjung dan menjadi ahli dibidang ini. Karena saya yakin untuk menjadi hebat jangan tunggu hebat dulu baru memulai, iya nggak saudara. Buat anda yang ingin belajar tentang hack blogger silahkan belajar bersama ahlinya ada kang rohman dengan kolom tutorialnya, o-om.com nya serta hakemtia.com dan masih banyak lagi referensi lain untuk anda agar bisa belajar tentang cara ngeblog yang baik.

Dalam postingan ini saya hanya menyampaikan sedikit pengalaman dalam hal blogging, sebelumnya saya memohon maaf lagi kerana saya bukan siapa-siapa dalam hal blogging jadi ini hanyalah sebagai bahan renungan kita bersama. Mungkin anda merasa saya ini terlalu narsis untuk berbicara perihal blogging yang jam terbang dalam bidang ini juga masih sangat minim. Tapi terserahlah anda mau menganggap saya ini apa itu hak anda. Baiklah sudah cukup cerotehnya lansung saja.

Nge-blog sekarang ini menjadi sarana yang sangat strategis jika kita akan mengembangkan talenta diri, baik dalam bidang personal ataupun dalam hal bisnis. Keunggulan weblog dibanding dengan web yang pada umumnya, menjadi hal penting mengapa blog menjadi sarana yang paling dicari dan direkomendasikan dalam dunia internet. Jalur komunikasi dua arah yang diterapkan dalam blog menjadi senjata ampuh dalam promosi blog secara universal. Tetapi kebanyakan orang yang akan terjung keduania blogging memiliki beberapa kendala dalam hal pengembangan diri diantaranya:
  • Malas membuat postingan, ini adalah kendala yang paling sering dialami oleh blogger pemula sehingga ia merasa gagal dalam membuat postingan yang bermutu. Sebenarnya Tuhan telah memberikan kita kemampuan yang kuat dalam hal menulis, intinya ketika anda pintar membaca dan berbicara yakinkan diri anda bahwa anda hebat dalam menulis. Itu adalah kunci utama jika anda ingin menjadi hebat dalam hal membuat postingan.
  • Bingung akan mengisi blog dengan topic apa, nah… alasan ini paling sering dilontarkan oleh blogger pemula yang belum terlalu paham dengan dunia blog (bukan berarti saya sudah paham betul ya). Hal ini juga yang telah minimpa saya beberapa bulan yang lalu, banyak blog yang sudah saya buat tetapi mati dan berhenti ditengah jalan. Dan akhirnya saya sadar kalau saya harus focus pada satu topic jika saya ingin sukses. Saran buat masalah ini bagi para blogger yang masih bingung akan mengisi contennya dengan apa, anda bisa memulainya dengan apa yang anda sukai, itu adalah langkah awal untuk bisa menjadi ahli. Seperti saya sekarang ini, memulai postingan dengan menulis terstimono tentang blog karena saya suka menulis hal tersebut.
  • Lompat-lompat blog, maksudnya belum kelar blog yang satu dikerjain lompat lagi membuat blog yang lain karena merasa kehabisan ide dengan topic yang pertama. Sebenarnya anda hanya perlu mensiasati hal ini dengan berbagai cara. Masa ia misalnya topic yang anda bahas dalam blog anda adalah “water” anda kehabisan ide dengan water tersebut. Kan bisa saja dikaitkan dengan water book atau mineral water dan masih banyak lagi. Tinggal anda kembangkan. Dan ketika anda merasa sudah saatnya membuat blog baru lagi dengan topic yang lain yah… tunggulah ketika blog anda menjadi terkenal dan SEO. Itu akan menjadi pondasi kuat ketika blog anda yang lain terkenal maka blog yang baru akan anda buat siap-siap juga untuk terkenal. Semoga…
Termotifasi dengan uang, nah seperti yang saya sebutkan diatas bahwa nge-blog sekarang ini menjadi ladang pencarian uang yang paling ramai dilakoni oleh para blogger. Bukan menjadi suatu yang kurang baik ketika kita neg-blog untuk mencari uang dengan cara apapun. Tapi dengan terlalu termotifasi dengan uang anda akan gagal karena yang anda pikirkan adalah mendapatkan uang tersebut. Perlu diingat bersama bahwa nge-blog bukan tempat untuk kaya mendadak. Orang yang tujuannya negblog hanya untuk mencari uang misalnya anda mendaftar google adsense akan terpaku pada iklan saja dan berharap akan ada orang yang mengklik iklan tersebut, tanpa memperhatikan kualitas dari konten yang ada dalam blognya. Padahal kebanjiran pengunjung ke blog kita bukan karena iklan yang kita tampilkan tetapi isi konten yang berkualitas yang mampu memberikan informasi kepada para pengunjung.

Sedikit bahan renungan yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat buat anda semua khususnya saya sendiri yang masih dalam tahap belajar. Sekali lagi saya memohon maaf karena dengan pengalaman seminim ini saya sudah memberanikan diri membuat postingan tentang kendala dan kegagalan para blogger pemula.

Untuk lebih membentuk para blogger yang berperstasi kedepan, buat anda yang memiliki komentar ataupun tambahan dari postingan diatas silahkan isi komentar anda dibawah ini. Terima kasih….



Labels:

1 comments:

Atmi Corp. said...

betul banget itu mas... seharusnya buat pemula seperti saya juga sih... harusnya lebih fokus aja dulu untuk satu topic. thank you mas ya buat pencerahannya semoga kedepannya menghasilakn karya yang lebih baik buat para blogger mania di indonesia. eh jalan-jalan ke blog ane juga ya liat-lait...

Post a Comment